:::: MENU ::::

Menambah Search Index di Windows 7

Ada hal yang menarik di Windows 7, yaitu penataan ulang pada menu start.  Dahulu saat awal awal windows, semua aplikasi akan di tampilkan secara bertingkat / tree.  Sehingga akan sedikit ‘ribet’ jika aplikasi yang di install sangat banyak.  Nah pada windows 7 hal itu sudah dihilangkan, dan dirubah menjadi list.

Saat aplikasi yang diinstal sangat banyak, maka list itu akan semakin banyak pula dan akan menyulitkan pengguna.  Namun nampaknya hal ini sudah di antisipasi oleh Microsoft dan bisa dibilang menjadi fitur baru di windows, yaitu fungsi search.

Fitur Search di Windows 7

Fitur Search di Windows 7

Sekilas, fitur ini mirip dengan milik Mac OS yaitu spotlight.  Di spotlight teman teman bisa mencari apapun yang ada di komputer hanya dengan mengetikkan kata kunci.  Tapi sayang, di windows secara default hanya mengindeks file yang ada di start menu saja, dan beberapa tempat lain yang jarang sekali di cari oleh pengguna.  Sehingga file file yang berada di drive lain (misal : D, E ) tidak akan ditemukan dengan fungsi search ini.

Search hanya di beberapa lokasi

Fungsi search hanya mengindeks file pada tempat tempat tertentu saja yang jarang digunakan oleh pengguna

Tapi tenang saja, kita bisa menambah atau mengurangi indeks yang digunakan oleh search milik windows 7.  Berikut langkah – langkah untuk menambah indeks file.

Pertama, buka control panel, dan cari menu Indexing Options

Control Panel

Cari menu Indexing Options di Control Panel

Lalu, buka menu indexing options.  Sehingga muncul window seperti berikut

Window Indexing Options

Tampilan windows indexing options

Dari window tersebut kita bisa tahu mana saja yang secara default masuk dalam index search.  Untuk menambah index, kita pilih Modify , dan silakan pilih drive / folder mana saja yang akan di indeks.  Saran saya, seperlunya saja jangan semua, agar nanti waktu pencarian tidak membutuhkan waktu yang lama. 🙂

Menambah Index Search

Checklist pada drive yang akan di index

Setelah itu, pilih ok dan close.

Hasil setelah index ditambah

Hasil pencarian file setelah index ditambah

Silakan di uji coba mencari file dari drive yang sudah teman teman pilih tadi 😀


So, what do you think ?