:::: MENU ::::

Pemrograman Dasar C++ dengan Borland

Pemrograman menggunakan c++masih banyak digunakan oleh perguruan tinggi untuk matakuliah awal pengenalan pemrograman.  Yang pastinya akan diiringi dengan matakuliah tentang algoritma. 

Untuk mengetikkan baris program c++ serta kompiler nya yang saya gunakan adalah borland C++.  Tapi diluar sana masih banyak program editor dan kompiler yang bisa untuk c++.  Mungkin beberapa sintaks akan berbeda, tapi logika yang digunakan tetap sama.

Mari kita mulai 🙂
secara garis besar, dalam pemrograman c++ terdapat 3 bagian besar, yaitu definisi header, variabel global, dan fungsi.  Fungsi pertama yang akan dieksekusi oleh c++ adalah fungsi main.

#include <conio.h>
#include <iostream.h>

void main(){

// isi baris program yang akan dieksekusi
 getch();
 }

Itu adalah baris program yang sangat sederhana.  Saat itu di compile dan di run, maka masih belum menghasilkan apa – apa, alias kosong.  Karena kita belum memberikan baris program apapun.  Yuk kita bahas satu persatu 😀

#include <conio.h>
#include <iostream.h>

Ini adalah header file, atau bisa juga disebut library.  File ini sebenarnya adalah kumpulan fungsi fungsi yang sering digunakan untuk pembuatan program.

fungsi #include adalah untuk memasukkan file library.  Sedangkan conio.h dan iostream.h adalah file header yang dimasukkan.  File conio.h berisi library untuk memanggil fungsi yang kita butuhkan yaitu getch(); Apa fungsinya? coba saja perintah getch() di hapus, lalu running lagi.  Apa yang terjadi? program langsung menutup.  Fungsi getch() sebenarnya adalah untuk mendapatkan karakter yang diinputkan oleh user, tapi disini bisa untuk membuat freeze program.

Selanjutnya adalah header file iostream.h , didalam header file ini terdapat fungsi input output untuk program.  Untuk lebih lengkapnya, temen temen bisa membacanya di sini.  Sekarang coba temen temen tambahkan perintah cout<<” Selamat datang di MasIyak[dot]com “; sehingga baris programnya menjadi seperti berikut ini :

#include <conio.h>
#include <iostream.h>

void main(){

      // isi baris program yang akan dieksekusi
     cout<<"Selamat datang di MasIyak[dot]com";
getch();
}

Silakan dicompile dan dirun.

Halo

Maka akan muncul tulisan Selamat datang di MasIyak[dot]com.  Fungsi cout sendiri terdapat di header file iostream.h , yang artinya jika temen temen mau menggunakan cout maka temen temen harus memasukkan header file iostream.h dalam baris program.  Dan ingat, selalu setiap satu perintah yang diberikan langsung diakhiri dengantitik koma(;).

Sekian dulu untuk pembukaan pemrograman C++, nantikan artikel artikel selanjutnya 🙂

semoga bermanfaat yah^^


3 Comments

So, what do you think ?