:::: MENU ::::

Remote Desktop Lewat Jaringan Internet

Banyak sekali cara yang dapat digunakan untuk meremote desktop komputer melalui jaringan internet, salah satunya yang paling banyak digunakan adalah teamviewer.  Teamviewer diberikan secara gratis untuk semua asalkan tidak untuk komersial.

Langsung saja, untuk dapat menggunakannya, kita harus mendownload aplikasi teamviewer terlebih dahulu di situsnya langsung www.teamviewer.com .  Entah nanti temen temen akan menjadi yang meremote, atau menjadi yang diremote, temen temen harus mendownload aplikasi ini.  Aplikasi ini sangat kecil, hanya berukuran 3,75 Mb untuk yang berbasis windows.  Oh ya, teamviewer juga bisa untuk meremote komputer beda sistem operasi (windows, mac, linux).

Teamviewer

Teamviewer

Setelah selesai di download, terus di eksekusi alias di double klik.  Nah, ini dia salah satu kelebihannya, teamviewer memberikan opsi apakah aplikasi akan di instal atau tidak.  Saya sendiri belum mengetahui secara pasti apa perbedaan jika di instal atau tidak.  Yang jelas, jika diinstal akan diberitahu jika ada update an terbaru.

opsi akan diinstal atau tidak

Teamviewer memberikan pilihan apakah aplikasi akan diinstal atau tidak

Pastikan komputer yang akan diremote dan yang akan meremote sudah ada aplikasi teamviewer.  Dan ini lah cara menggunakannya. Teman teman harus tahu id dan password teamviewer dari komputer yang akan diremote.  Setelah itu, masukkan id komputer yang akan diremote ke partner ID.  Pilih remote komputer, lalu connect to partner.

Komputer Target

Teman teman harus tahu id dan password teamviewer dari komputer target

Masukkan id sama password

Masukkan id teamviewer komputer yang akan diremote

Oh ya, jangan lupa masukkan passwordnya yah 😀

Masukkan password

Masukkan password dari teamviewer milik komputer target

Oh ya, teamviewer tidak terkendala dengan firewall seperti aplikasi lain.  Sehingga teamviewer sangat mudah untuk digunakan tanpa harus tahu basic jaringan.  Selamat mencoba 🙂

jika ada pertanyaan, langsung komen dibawah ya, saya akan bantu sebisa saya 🙂

Tampilan saat berhasil masuk ke komputer target

Tampilan saat berhasil masuk ke komputer target


So, what do you think ?